Aniliena


Saya sukaaaa sekali Rainbow Cake yang sedang ngetrend sekarang ini. Kue berlapis warna warni seperti warna pelangi itu selain bentuknya menarik dengan layer lapis yang sampai 6-7 lapis dan dilapisi butter creeam, rasanya dimulut juga lembuuuttt sekali. Tapi di kota saya untuk membeli cake pelangi ini dibandrol harga yang menurut saya cukup mahal untuk satu slice saja. Terkadang saya jadi mundur teratur kalo sudah melihat harga yang dipajang untuk satu slice Rainbow Cake di toko-toko roti ternama, padahal asli, saya sudah ngeces. hahaha....
mau bikin sendiri, hehehe... saya akui saya malas, karena meskipun proses pembuatan adonannya mudah, namun butuh kesabaran untuk memanggang satu persatu lapis cake. kemudian menyusunnya jadi tumpukan cantik. Ah, saya kurang sabar, apalagi, anak laki-laki saya nantinya akan ikut membantu, hehehe..

Lalu kemudian, saya menemukan resep kue seperti Rainbow Cake, bedanya, kue yang satu ini dikukus dan tidak perlu dikerjakan selapi demi selapis. Judul asli resep itu sebenarnya "Zebra Rainbow" yang saya temukan di salah satu majalah "PARAS" milik emak saya. Namun saya lupa, pada edisi yang keberapa. 

Percobaan dimulai.
Percobaan pertama gagal, hahaha. dikarenakan ketika adonan kue sudah masuk kukusan, saya tidak mengecek ketersedian gas di kompor saya. Hasilnya, ketika adonan baru dikukus 10 menit, kompor saya mati karena kehabisan gas, tentu saja, sudah dipastikan hasilnya bukan? Zebra Rainbow kukusan saya bantat. :p
Percobaan kedua, alhamdulillah sukses, walo ternyata setelah jadi, warnanya jadi kurang nge-Rainbow, hehe. bahkan kata salah satu om saya yang kebetulan datang dan mencicipi berujar colournya seperti kaos kaki milik om saya. hahaha.. komentar ini saya terjemahkan sebagai gurauan, karena saya yakin, rasanya tidak seperti kaos kaki.

Berikut saya share resep "Bukan Rainbow Cake" yang berjudul asli "Zebra Rainbow"
Bahan  :
- 3 butir telur ayam
- 125 gr gula pasir
- 100 gr tepung terigu
- 25 gr tepung maizena
- 100 ml susu cair
- 1 sdt pasta vanili
- 1 sdt SP (cake emulsifier)
- Pewarna merah, kuning, hijau, biru dan ungu

Cara Membuat :
1. Siapkan dulu loyang bulat berdiameter 16 cm, oles tipis dengan mentega, alasi dengan kertas roti, kemudian olesi kembali dengan mentega tipis-tipis.
2. Kocok telur, gula, SP dan pasta vanili sampai putih mengental
3. Masukkan teung terigu dan tepung maizena yang telah diayak menjadi satu lalu tuang susu cair, aduk rata
4. Bagi adonan menjadi 5 bagian dan masing-masing beri pewarna
5. Tuang adonan 2 sdm adonan merah di tengah-tengah loyang, lalu tuang 2 sdm adonan biru tepat ditengah-tengah adonan merah.
6. Tuang 2 sdm adonan hijau ditengah adonan biru.
7. Tuang 2 sdm adonan ungu ditengah adonan hijau, lalu tuang 2 sdm adonan kuning ditengah adonan ungu. begitu seterusnya hingga semua adonan habis.
8. Kukus dalam dandang pengukus selama 25 menit. Setelah uap panas hilang keluarkan dari loyang.

Oiya, sebelum adonan masuk pengukus, panaskan terlebih dahulu dandang pengukus, jadi adonan tidak menunggu lama sebelum dimasukkan ke pengukus. Alasi tutup dandang dengan serbet bersih dan jangan membuka tutup dandang sebelum kue matang. 

Selamat mencoba, semoga warnanya cantik tidak seperti punya saya yaa...
Labels:
0 Responses