HSG
Aniliena
original post from ; RADIOLOGI DIAGNOSTIK FKUI

HSG = HisteroSalpingoGrafi

kapan sebaiknya dilakukan pemeriksaan HSG ?
pada hari ke 9-10 sesudah haid mulai. pada saat itu biasanya haid sudah mulai berhenti dan selaput lendir uterus biasanya tenang. bila masih ada perdarahan, dengan sendirinya HSG tak boleh dilakukan karena ada kemungkinan masuknya zat kontras ke dalam pembuluh darah balik.

apakah pemeriksaannya sakit ?
pada waktu porsio terjepit memang terasa sakit. tapi ini hanya bersifat individual atau tidak dirasakan oleh semua orang. tetapi dengan komunikasi yang baik antara pasien dan ahli radiologi biasanya nyeri ini tidak begitu dirasakan karena pasien sudah merasa nyaman dan lega


untuk apa HSG dilakukan ?
untuk melihat potensi tuba ;
untuk melihat apakah IUD masih ada di cavum uteri ;
kadang-kadang HSG juga dapat menjadi terapi bagi wanita yang sulit hamil, karena pada saat bahan kontras dimasukan, dapat membuka obstruksi yang terjadi di dalam tuba ;
untuk melihat parut pada serviks dan uterus pasca sectio caesaria ;
untuk melihat lebar OUI pada pasien yang mengalami abortus ;


kapan HSG tidak boleh dilakukan ?
pada pasien hamil muda ;
pasien yang sedang mengalami perdarahan ;
pasien dengan penyakit TBC ;
pasien yang baru saja selesai di kuret ;


apa komplikasi yang mungkin terjadi setelah pemeriksaan HSG ?
rasa nyeri pada waktu pemeriksaan ;
kadang-kadang timbul reaksi pada saat bahan kontras dimasukkan ;


thanks buat seorang teman yg telah mengirimkan postingan ini via email saya.... tak post lagi di sini, supaya temen2 lain yang secara sengaja atw ga singgah ke sini bisa dapt info tambahan... sedang parno-parnonya soal HSG nh.
kalo ga ada halangan, Insya Allah saya mw HSG bulan ini. setelah konsul dg dokter kandungan ( Dr. Syahnural, SPoG ) sebulan yg lalu.hehe... knp baru sekarang??! yaah..well, baru beraninya bulan ini, gmn dong? mana baca artikel2 HSG tuh serem2... yang katanya sakit bgt lah, bahkan smpe ada yg pingsan bgtu selese di HSG... sesakit itukh?

wish me luck yak!! Barusan dapat telp dari dokter radiologis saya yang di BioMedis Ponti, Dr.Prasetyo...jdwal HSG saya bulan ini jatuhnya besok KAMISSS!!! duh..duh..duh.. berani ga ya? HARUS BERANI...HARUS BERANI... ingat...demi anak dari suamimu yang ingin sekali kau kandung dirahim mu.
oiya... menurut beberapa temen.. saya harus siap2 bawa pembalut sm cd cadangan. plus...kalo mmg takut sakit, minum ponstan aja.

wish me... wish me...
Labels:
0 Responses